Gagasan PB Kebugis, Kisah Usman Balo Bakal Diangkat ke Layar Lebar

Usman Balo ketika berada di Malimpung, Pinrang. (sumber foto: Google+ Nur Kasim)
Pengurus Besar Keluarga Bugis Sidenreng Rappang (PB Kebugis) menggagas agar tokoh pejuang asal Sidrap Usman Balo difilmkan. Hal tersebut menjadi salah satu pembahasan pada pertemuan PB Kebugis di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pertemuan itu sekaligus dirangkai dengan perayaan Ultah Ketua Umum PB Kebugis Irjen Pol Dr (Purn) M. Said Saile. “Pertemuan keluarga besar PB Kebugis ini menggagas setidaknya empat hal. Salah satunya adalah dianggap perlu mengangkat kisah Usman Balo ke layar lebar,” jelas Sekjen PB Kebugis HM Saleh Mude.

Dia menyebut, perjuangan Usman Balo dkk dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan di Sidrap dan sekitarnya, layak diangkat ke layar lebar. “Tidak jauh beda dengan kisah Naga Bonar. Usman Balo pun menarik difilmkan, lengkap dengan romantika kisah beliau,” bebernya.

PB Kebugis akan segera bentuk tim untuk menggarap ide ini. Termasuk kerjasama dan pembiayaannya. Turut hadir pada pertemuan tersebut, Mashur bin Mohd Alias selaku bendahara umum Kebugis, Mukhlis Paeni selaku sejarawan asal Sidrap, Imran BAK, Tamrin Barubu, Salam Dalle, M. Akbar Ali, dll

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *